PT Pesonna Indonesia Jaya

EnglishIndonesian

Meriahnya Festival Pasar Senyum Rakyat Medan 2022

  • Share this

 

Tiga Entitas Holding Ultra Mikro (UMi) yaitu BRI, Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM) hadir menyapa masyarakat Medan, Sumatera Utara melalui acara Festival Pasar Senyum Rakyat yang digelar di Istana Maimoon, Medan.

Festival Pasar Senyum Rakyat di Medan dibuka secara resmi oleh

  • Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman
  • Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srianita Ginting
  • Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah

Festival Pasar Senyum Rakyat ini juga turut dimeriahkan oleh 50 tenant yang terdiri dari 15 UMKM nasabah BRI, 15 UMKM nasabah Pegadaian, 15 UMKM binaan PNM dan 5 UMKM binaan Dinas Koperasi Medan, yang masing-masing menawarkan produk unggulan mereka dari mulai kuliner, fashion, hingga kerajinan tangan.

Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah, mengatakan, Festival Pasar Senyum Rakyat di Kota Medan merupakan rangkaian pagelaran unjuk gigi bagi para pelaku usaha yang sekaligus sebagai ajang sosialisasi produk pembiayaan bagi pelaku usaha, agar mereka dapat tumbuh dan naik kelas.

Aulia mengatakan, akan mensupport jaringan UMKM di Kota Medan. Namun, memiliki keterbatasan. “Pemko Medan tidak banyak berbuat karena keuangan daerah belum kuat, sehingga membutuhkan support dari ketiga entitas BUMN, seperti BRI, Pegadaian dan PNPM,” ungkap Wakil Walikota Medan.

Ia mengaku, dalam penguatan UMKM di Medan ini sudah cukup banyak disupport oleh BUMN. “Dukungan yang dilakukan BRI, Pegadaian dan PNPM patut diapresiasi, ini adalah ide yang baik. Pemko Medan berterimakasih kepada BRI, Pegadaian, PNM,” ucap Aulia Rahman.

Dikatakan lagi, Aulia Rachman menyatakan pihak Pemko akan mendukung dan perkuat seluruh jaringan UMKM di ibu kota Provinsi Sumatera Utara.

Menurutnya, kegiatan digelar ini merupakan ide yang baik. Untuk itu, Pemko Medan mengapresiasi diadakannya Festival Pasar Senyum Rakyat. “Perputaran uang lumayan besar terjadi di acara ini,” ujarnya.

Diakuinya, pemerintah kota Medan membutuhkan dukungan terkhusus KUR guna membantu para UMKM

Sementara itu, Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Febriansyah, mengatakan Festival Pasar Senyum Rakyat di Kota Medan merupakan rangkaian pagelaran unjuk gigi bagi para pelaku usaha yang sekaligus sebagai ajang sosialisasi produk pembiayaan bagi pelaku usaha, agar mereka dapat tumbuh dan naik kelas.

“Alhamdulillah rangkaian Festival Pasar Senyum Rakyat dari mulai Cirebon, Denpasar dan Kota Medan hari ini dapat terlaksana dengan baik. Kami berharap, Holding Ultra Mikro dapat membangkitkan semangat UMKM untuk lebih berdaya saing melalui pendampingan dan pembiayaan usaha melalui produk-produk yang ditawarkan oleh BRI, Pegadaian dan PNM,” jelas Eka.

Tak hanya menikmati pameran produk UMKM, para pengunjung yang hadir juga dapat mengikuti talkshow interaktif tentang solusi finansial bersama narasumber pengusaha UMKM sukses di Medan, talkshow tentang legalitas, perizinan, sertifikasi, permodalan hingga pemasaran produk, hingga literasi tentang bagaimana mengembangkan bisnis secara digital atau daring melalui aplikasi.

“Saya berharap, event ini dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat yang hadir untuk menambah ilmu tentang kewirausahaan, mengelola dan mengembangkan usaha dari nol hingga menjadi sukses. Untuk mendapat informasi lebih lanjut, masyarakat bisa datang ke Booth SenyuM, atau datang langsung ke outlet SenyuM terdekat setelah acara berlangsung,” tambah Eka lagi.

Promo Investasi Emas Pegadaian
Pegadaian juga memberikan promo menarik bagi masyarakat yang ingin berinvestasi emas, seperti diskon 20% untuk Buka Tabungan Emas, diskon 1% untuk Top Up Tabungan Emas, diskon Rp10.000 untuk Cicil Emas.

Festival Pasar Senyum Rakyat juga menghadirkan panggung hiburan, zona bermain anak, lomba mewarnai, lomba fashion show dan cosplay competition. Tak hanya itu, masyarakat yang datang juga berkesempatan mendapat voucher belanja dan doorprize menarik.

Seperti diberitakan sebelumnya, sentra layanan ultra mikro (SenyuM) merupakan ikhtiar bersama untuk menciptakan ekosistem yang mendukung para pelaku usaha mikro di indonesia untuk dapat berkembang, berkelanjutan dan memiliki daya saing.

Selain melalui produk pembiayaan gadai dan non gadai, Pegadaian juga menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) berbasis syariah di 4,086 outlet di seluruh Indonesia. Adapun plafon pinjaman, mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 10 juta, dengan biaya pengelolaan (mu’nah) sebesar 6 persen per tahun.